Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 13:59 WIB

Tiket Pesawat Aceh-Surabaya Masih Dijual Rp 2,5 Juta

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Harga tiket pesawat dari Aceh menuju Jakarta masih dijual Rp 2,5 juta. Rute Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) ke Bandara Juanda Surabaya (SUB) tidak masuk ke dalam rute penerbangan LCC yang diturunkan.

Menelusuri online travel agent (OTA), Kamis (11/7/2019), penerbangan Aceh-Surabaya pada Sabtu (27/7) menggunakan Lion Air dipatok Rp 2,5 juta. Penerbangan memakan waktu 12 jam dengan transit satu kali di Bandara Soekarno Hatta.

Pada Februari 2019 lalu, detikFinance juga melakukan simulasi pemesanan tiket pesawat dari Aceh-Surabaya. Hasilnya Lion Air menjual tiket dengan harga Rp 1,9-2,8 juta dengan transit di Bandara Kualanamu.


Rute penerbangan ini sempat menjadi pembicaraan publik lantaran harga tiketnya yang mahal. Bahkan penumpang terpaksa mengakalinya dengan melakukan transit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kembali ke harga tiket pesawat Aceh-Surabaya, penerbangan lainnya di waktu yang sama ada maskapai Garuda Indonesia.

Maskapai full service ini menawarkan harga yang lebih tinggi dibandingkan Lion Air, yaitu Rp 3,7 juta untuk sekali transit di Bandara Soekarno Hatta. Meski lebih mahal, waktu tempuhnya lebih cepat yaitu hanya 5 jam 45 menit dari Aceh ke Surabaya.


Sebagai informasi, dua maskapai LCC, Citilink dan Lion Air per hari ini menurunkan harga tiketnya sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA). Masing-masing maskapai mengalokasikan 30% kursi per hari untuk dijual dengan harga murah.

Citilink menyediakan 62 penerbangan dengan jumlah kursi sebanyak 3.348 per harinya. Kemudian Lion Air menyediakan 146 penerbangan dengan jumlah kursi yang disediakan sebanyak 8.278 per harinya.


Tiket Pesawat Aceh-Surabaya Masih Dijual Rp 2,5 Juta


Simak Video "Maskapai Komplain Soal Harga Tiket, Ini Kata Menhub"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com