Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 16:00 WIB

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Biar Nggak Kehabisan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Citilink dan Lion Air sepakat menurunkan harga tiketnya 50% dari tarif batas atas (TBA) pada waktu tertentu. Penerbangan pada Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 dipilih dengan alokasi kursi sebanyak 30%.

Agar kebagian tiket pesawat murah, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Pasalnya tidak semua kursi dan jadwal penerbangan dijual dengan harga yang murah.

Pengamat Penerbangan Arista Atmadjati berbagi tips agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Pertama, calon penumpang harus memesan penerbangan jauh-jauh hari.

"Book-nya jauh-jauh hari dari hari keberangakatan karena seat berebut," katanya kepada detikFinance, Kamis (11/7/2019).
Selain itu, juga harus dipastikan waktu keberangkatan sudah pasti dan tidak akan berubah. Setelah memilih waktu keberangkatan yang tepat, maka bisa langsung membayar tiket pesawat yang sudah dipesan.

"Segera di-issued daripada nunggu-nunggu last minute," ujarnya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah tidak membawa barang melebihi ketentuan. Pasalnya jika lebih bisa dikenakan biaya tambahan.

"Perhatikan bawaan bagasi jangan melebihi batasan bagasi kabin, karena beberapa LCC bagasi harus bayar," tuturnya.
Sebagai informasi, dua maskapai LCC, Citilink dan Lion Air per hari ini menurunkan harga tiketnya sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA). Masing-masing maskapai mengalokasikan 30% kursi per hari untuk dijual dengan harga murah pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Citilink menyediakan 62 penerbangan dengan jumlah kursi sebanyak 3.348 per harinya. Kemudian Lion Air menyediakan 146 penerbangan dengan jumlah kursi yang disediakan sebanyak 8.278 per harinya.


Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Biar Nggak Kehabisan


Simak Video "Maskapai Komplain Soal Harga Tiket, Ini Kata Menhub"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com