Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 17:20 WIB

Pengusaha Harap Mendag dan Mentan Tak Diisi 'Orang Partai'

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Pengusaha memberi catatan, sosok menteri baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang paling disorot untuk periode 2019-2024 adalah Menteri Perdagangan (Mendag) dan Menteri Pertanian (Mentan). Kedua menteri tersebut diharapkan tak diisi dari anggota partai politik.

"Yang paling penting adalah Kemendag dan Kementan. Pertama harapan saya agar kedua kementerian ini jangan diisi oleh orang partai politik. Itu paling penting, supaya tidak ada kepentingan politik di sana," ujar Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang kepada detikFinance, Jumat (12/7/2019).

Sarman mengatakan, kedua posisi menteri tersebut memang rawan untuk disusupi dengan kepentingan politik apabila diisi dengan anggota partai politik.

"Karena konon kita lihat kedua kementerian ini memang sangat rawan untuk disusupi oleh kepentingan politik. Sehingga apa yg terjadi? ya gejolak-gejolak yang seharusnya tidak terjadi, pasti terjadi," terang dia.


Ia mencontohkan kasus impor beras tahun lalu dimana ada konflik di pemerintahan, karena sebenarnya gudang Bulog yang dapat menampung beras tersebut pun sudah penuh. Sehingga ia menganggap ada keanehan dalam persoalan tersebut.

"Contoh seperti kemarin itu misalnya kok bisa mau impor beras di satu sisi gudang-gudang Bulog masih penuh. Itu kan aneh, masa sesama pemerintah mau ribut? Itu contoh-contoh yang sudah terjadi," jelas Sarman.


Sarman kembali menegaskan, pihaknya berharap sosok yang akan memimpin kedua kementerian tersebut tak diisi oleh orang yang memiliki kepentingan politik.

"Jadi kita harapkan ke depan adalah betul-betul yang murni profesional. Tidak ada kepentingan politik di sana. Kemudian dicari figur yang betul-betul mumpuni," tegas Sarman.



Pengusaha Harap Mendag dan Mentan Tak Diisi 'Orang Partai'


Simak Video " Kader Jadi Menteri, NasDem: Dibebastugaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed