Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 17:44 WIB

Cari Tiket Pesawat Murah Susah? Ini Penyebabnya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Kementerian Koordinator Perekonomian selaku pihak yang mengawasi implementasi kebijakan harga tiket murah menerima pertanyaan soal cepat ludesnya harga tiket yang turun 50% per Kamis 11 Juli 2019.

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso tak menampik hal tersebut. Khususnya untuk penerbangan kemarin, alokasi tiket pesawat murah yang tersedia tak sampai 30% dari total kursi yang dijanjikan.

"Ternyata alokasi 30% seat dari total kapasitas kalau ngomongin reservasi tiket kan nggak bisa cut off, yang flight yang kemarin tanggal 11 itu kan juga sudah dipesan minggu-minggu sebelumnya," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (12/7/2019).



Jadi, sistem reservasi tiket pesawat ini bisa dibeli dari jauh-jauh hari. Artinya tiket penerbangan di tanggal 11 Juli sudah bisa dibeli bahkan sebulan sebelumnya. Maka, begitu tiket murah berlaku per 11 Juli, sebagian kursi sudah terbeli. Maka kuota tiket murah hanya sedikit. Itu pun berlaku di tanggal lainnya.

"Banyak yang bahkan memang sudah penuh. Terutama Minggu ini kan akhir liburan sekolah," jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk 62 penerbangan Citilink, pada tanggal 11 Juli hanya 34 penerbangan yang bisa mengalokasikan tiket murah.

"Citilink dari 62, yang masih tersedia seat untuk harga 50% ada 34 flight karena yang lain sudah di-book minggu-minggu sebelumnya," ujarnya.

"Dari 34 itu yang kemarin sudah dilakukan pemesanan tiket penerbangan kemarin itu yang mendapat perlakukan khusus diskon 50% itu ada 411 seat," tambah Susiwijono.



Cari Tiket Pesawat Murah Susah? Ini Penyebabnya


Simak Video "Dampak Tiket Pesawat Mahal, Jasa Ekspedisi Ikut Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed