Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jul 2019 10:35 WIB

Teka-teki Kenaikan Gaji TNI Tunggu Jokowi Pidato Nota Keuangan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
TNI/Foto: Muhammad Ridho TNI/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengkaji usulan kenaikan gaji Tentara Nasional Indonesia (TNI). Keputusan tersebut nantinya akan disampaikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan ada tidaknya kenaikan gaji TNI akan dibahas dalam pidato tahunan nota keuangan 2020 pada Agustus mendatang.

"Nanti sabar ya, dilihat nanti pidato presiden Agustus," kata Askolani kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (16/7/2019).


Askolani mengatakan saat ini usulan tersebut masih dikaji pemerintah. Oleh karena itu, dia kembali meminta agar semua pihak dapat menunggu hasil keputusan tersebut pada Agustus 2019.

"Hal itu masih di-review pemerintah. Ada tidaknya nanti bisa dilihat di nota keuangan dan RAPBN 2020 pada Agustus nanti," katanya.

Sebelumnya diketahui, pemerintah diminta Badan anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menaikkan gaji pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI) di 2020.


Hal ini disampaikan oleh anggota banggar DPR Fraksi Partai Demokrat, Hadi Wahyu Sanjaya beberapa waktu lalu. Dia menyebut kenaikan gaji itu untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan TNI tahun depan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mempertimbangkannya. Menurutnya, tak hanya gaji TNI, pemerintah juga akan mempertimbangkan kenaikan gaji anggota Polri dan aparat penegak hukum lainnya.

Simak Video "Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik September"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com