Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jul 2019 13:38 WIB

Pria Ini Raup Harta Rp 1,2 Triliun Gara-gara PUBG!

Endah Sekar Wardani - detikFinance
Foto: dok. PUBG Foto: dok. PUBG
Jakarta - Siapa yang tak tahu game bergenre Battle Royale asal Korea Selatan, Player Unknown's Battleground? (PUBG). Gara-gara game ini, seorang pria masuk daftar orang terkaya di Korea Selatan.

Adalah Chang Byung Gyu yang merupakan pendiri & bos perusahaan video game Krafton. Krafton yang sebelumnya bernama Bluehole Studio adalah pengembang game PUBG, yang di Indonesia biasa disebut 'Pabji'.

Chung Byung di tahun ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan dengan kekayaan US$ 890 juta atau Rp 1,2 triliun (kurs: Rp 14.000). Kebanyakan dari kekayaannya itu bersumber dari game Pabji.


Raksasa teknologi asal China Tencent bahkan membayar US% 500 juta untuk membeli 10% saham Krafton di 2018. Tahun ini, Pabji mencetak rekor pengguna dan meraup S$ 100 juta penjualan sebelum rilis dalam kurun waktu 79 hari

Krafton juga mendapatkan keuntungan lebih dari 3 kali lipat menjadi US$ 1 miliar di 2018, dan menghasilakan keuntungan pbersih US$ 220 juta. Tahhun sebelumnya mereka melaporkan rugi US$ 820 juta.

Gara-gara PUBG, Pria Ini Jadi Orang Kaya Berharta Foto: Chang Byung-Gy Dok Forbes



Chang dan istrinya memiliki 20% saham di Krafton, yang terus melakukan inovasi dalam produk game mereka. Mereka juga mencaplok pengembang game Korea Selatam, Red Sahara Studio di 2018.

"Mahakarya diciptakan melalui proses yang menyakitkan dan sabar," kata Chang dalam email.


Pria Ini Raup Harta Rp 1,2 Triliun Gara-gara PUBG!


Simak Video "Pertama Kalinya, Final PUBG Mobile Club Open Digelar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com