Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 11:26 WIB

Jokowi Minta BMKG Tegas ke Pemda soal Lokasi Infrastruktur

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tegas mengenai lokasi yang berpotensi berbahaya jika nantinya akan dibangun infrastruktur.

Salah satu yang dilakukan BMKG, kata Jokowi adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah daerah. Supaya, setiap pembangunan infrastruktur besar bisa mengacu dengan peta BMKG.

"Tolong beritahukan apa adanya. Supaya setiap pembangunan juga mengacu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Mantan Wali Kota Solo ini ingin BMKG aktif menyampaikan kepada pemerintah daerah mengenai lokasi di daerahnya masing-masing mengenai potensi gempa, rawan banjir, dan lainnya.

"Jangan dibangun bandara, jangan dibangun bendungan, jangan dibangun perumahan. Tegas, tegas sampaikan," ujar dia.


Permintaan Jokowi itu dikarenakan dirinya tidak ingin mengulang kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi sebelumnya.

"Sampaikan apa adanya. Bahwa ini tidak boleh, ini lokasi ini merah. Harus berani menyampaikan itu. Kepada pemerintah daerah baik kepada gubernur dan wali kota," ungkap dia.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta kepada BMKG untuk gencar sosialisasi informasi seputar BMKG kepada masyarakat, mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, hingga seluruh lapisan masyarakat.

Tujuannya, agar masyarakat terbiasa menerima informasi mengenai potensi bencana yang ada di Indonesia. Informasi yang disampaikan bukan lagi meresahkan, melainkan kebutuhan yang penting bagi masyarakat.



Jokowi Minta BMKG Tegas ke Pemda soal Lokasi Infrastruktur


Simak Video "Sebaran Asap & Titik Panas di Kalimantan dan Sumatera"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com