Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Jul 2019 11:56 WIB

Ini Profil Putra Mahkota Abu Dhabi yang Bawa Proyek Rp 140 T ke RI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Tiba di Indonesia, Putra Mahkota Abu Dhabi disambut Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini rencananya meneken tiga proyek besar dengan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. Dia adalah putra mahkota Abu Dhabi yang juga sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab (UEA)

Dikutip detikFinance dari Crown Prince Court (CPC), Rabu (24/7/2019), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan juga punya peran sebagai anggota Dewan Perminyakan Tertinggi (SPC) dan Otoritas Investasi Abu Dhabi (ADIA). Kedua badan berada di bawah kepemimpinan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UEA yang juga merupakan kakaknya.

Dia juga punya jabatan sebagai Chairman di Mubadala Development Company. Itu adalah perusahaan saham gabungan publik yang dimiliki pemerintah Abu Dhabi, yang tetap menjadi pemegang saham tunggal. Mandatnya adalah diversifikasi ekonomi Abu Dhabi. Pada 2017, perusahaan tersebut bertransformasi menjadi Mubadala Investment Company.


Sheikh Mohamed dikenal memegang sejumlah peran politik dan ekonomi yang lebih luas di UEA.

Masa muda Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dididik di sekolah di Al Ain dan Abu Dhabi sampai usia 18 tahun. Pada tahun 1979, dia bergabung dengan Akademi Militer Kerajaan Sandhurst yang prestisius, tempat dia berlatih dalam bidang baju besi, helikopter, terbang taktis, dan terjun payung.

Setelah lulus pada bulan April 1979, dia pulang ke UEA untuk bergabung dengan Kursus Pelatihan Perwira di Sharjah. Dia telah memegang sejumlah peran dalam militer UEA, hingga perannya saat ini sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.


Di antara banyak minatnya, dia dikenal karena komitmennya untuk meningkatkan standar pendidikan di Emirat Abu Dhabi agar setara dengan standar internasional terbaik.

Sejak Sheikh Mohamed menjadi Ketua Dewan Pendidikan Abu Dhabi, dia telah bekerja untuk menjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga pendidikan dan think-tank kelas dunia yang bergengsi.

Sebagai informasi, dalam kunjungan ke Indonesia, pesawat yang ditumpanginya tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019) pukul 09.00 WIB. Jokowi didampingi menteri kabinet menyambut Mohamed.


Jokowi langsung menyapa Mohamed saat dia mendarat di bandara. Mereka kemudian pergi satu mobil.

Direncanakan, Jokowi dan Mohamed akan melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat setelahnya. Kerja sama akan membahas investasi.


Ini Profil Putra Mahkota Abu Dhabi yang Bawa Proyek Rp 140 T ke RI


Simak Video "Sajian Salak dan Durian saat Putra Mahkota Abu Dhabi Bertemu Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com