Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Jul 2019 16:18 WIB

Megawati Bertemu Prabowo, Apa Imbasnya ke Ekonomi?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Megawati Soekarnoputri bertemu Prabowo Subianto/Foto: Grandyos Zafna Megawati Soekarnoputri bertemu Prabowo Subianto/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Upaya rekonsiliasi pascapilpres berlanjut. Setelah presiden terpillih Joko Widodo (Jokowi) bertemu Prabowo Subianto, kali ini giliran Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri bertemu Prabowo.

Seperti diketahui diketahui Prabowo, Ketua Umum Partai Gerindra, adalah kontestan dalam pilpres 2019. Prabowo maju sebagai calon presiden 2019-2024 berdampingan cawapres Sandiaga Uno, melawan duet Jokowi, yang adalah kader PDI-P, berdampingan dengan Ma'ruf Amin.

Lantas apakah pertemuan dua tokoh besar ini berpengaruh ke perekonomian negara? Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan pertemuan politis semacam ini sudah tidak lagi berpengaruh ke perekonomian.


"Pengaruhnya hampir tidak ada ke pasar modal dan rupiah. Concern soal politik sudah lewat," kata Bhima kepada detikFinance, Rabu (24/7/2019).

Justru yang harusnya jadi perhatian kata Bhima adalah figur menteri perekonomian yang akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di masa keduanya menjabat. Katanya tidak penting lagi latar belakang partainya, yang terpenting profesional.

"Adapun yang lebih jadi perhatian adalah postur kabinet dan figur-figur menteri yang ada di tim ekonomi. Mau menteri dari Gerindra atau tim Jokowi bukan masalah," kata Bhima.

"Asalkan tim ekonomi diisi profesional bisa jadi sentimen positif ke depannya," katanya.


Untuk perekonomian sendiri khususnya dunia usaha, kata Bhima investor lebih tertarik menunggu hasil keputusan The Fed dan Bank Sentral Eropa mengenai proyeksi bunga acuan daripada pertemuan ini.

"Investor lebih menunggu hasil keputusan The Fed dan Bank sentral Eropa terkait proyeksi pemangkasan bunga acuan," kata Bhima.


Megawati Bertemu Prabowo, Apa Imbasnya ke Ekonomi?


Simak Video " Soal Pertemuan Mega-Prabowo, PD: Prabowo Belajar dari AHY"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com