Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 27 Jul 2019 16:15 WIB

Rini Blak-blakan soal Garuda Rugi Setelah Revisi Laporan Keuangan

Trio Hamdani - detikFinance
Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Dok. Kementerian BUMN Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Dok. Kementerian BUMN
Mimika - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno buka suara mengenai hasil revisi laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Laporan keuangan perusahaan di 2018 yang tadinya untung direvisi menjadi rugi.

"Restatement memang begitu. Jadi kan kemarin memang diminta bahwa oleh OJK untuk dilakukan restatement (penyajian kembali laporan keuangan) 2018," kata Rini ditemui di tambang Grasberg, Papua, Sabtu (27/7/2019).

Rini menjelaskan, penyajian kembali laporan keuangan Garuda yang menyatakan perusahaan rugi tak berdampak negatif terhadap kesehatan keuangan perusahaan. Pasalnya sebenarnya tidak ada aliran uang yang keluar.


Yang menyebabkan perusahaan dari untung jadi rugi karena dihapusnya pendapatan yang masih berupa piutang. Piutang ini dari kerja sama dengan Mahata Aero Teknologi. Pendapatan piutang itu dalam rencananya diterima Garuda dalam jangka beberapa tahun.

"Jadi yang paling utama sebenarnya kesehatan dari perusahaan itu dilihat dari cash flow. Jadi untuk pencatatan tidak ada cash in atau cash out," jelasnya.

"Jadi waktu dilakukan restatement adalah hanya sebagai buku saja. Jadi memang bukunya Garuda itu mengalami kerugian di 2018," tambah Rini.


Dalam kaitan penyajian ulang laporan keuangan 2018, Garuda Indonesia mencatatkan net loss atau rugi bersih sebesar US$ 175,028 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun (kurs Rp 14.000). Laporan ini berbeda dari sajian sebelumnya, di mana dicatatkan laba sebesar US$ 5,018 juta.

Dalam laporan keuangan Garuda 2018 yang disajikan kembali, pendapatan usaha tercatat sebesar US$ 4,37 miliar, tidak mengalami perubahan dari laporan pendapatan sebelumnya. Sementara itu, pendapatan usaha lainnya (pendapatan lain-lain) terkoreksi menjadi US$ 38,8 juta dari sebelumnya US$ 278,8 juta.


Rini Blak-blakan soal Garuda Rugi Setelah Revisi Laporan Keuangan


Simak Video "Garuda Indonesia Perkenalkan Armada Barunya, Yuk Intip!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com