Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 27 Jul 2019 18:05 WIB

Tahun Lalu Garuda Rugi, Rini: 2019 Insyaallah Sudah Untung

Trio Hamdani - detikFinance
Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Ardian Fanani/detikcom Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Mimika - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno optimistis PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) bakal untung tahun ini. Sedangkan tahun lalu Garuda Indonesia mencatatkan net loss atau rugi bersih sebesar US$ 175,028 juta,setara Rp 2,4 triliun (kurs Rp 14.000).

Garuda Indonesia dalam laporan keuangannya mengumumkan mencetak laba sebesar US$ 19,7 juta pada Kuartal I-2019. Rini juga mendapat laporan bahwa Garuda Indonesia memperoleh laba pada Kuartal II meski belum diumumkan secara resmi.

"Jadi Alhamdulillah, 2019 Insyaallah sudah untung," kata kata Rini ditemui di tambang Grasberg, Mimika, Papua, Sabtu (27/7/2019).


Rini optimis dengan hal tersebut dengan melihat adanya perbaikan di tubuh maskapai pelat merah tersebut. Perusahaan kini sudah lebih efisien dibandingkan sebelum-sebelumnya.

"Banyak dilakukan efisiensinya, banyak sekali dilakukan di Garuda. Banyak rute sekarang juga diefisiensikan, terutama juga rute ke luar negerinya, lebih pengoperasiannya dalam jadwal diperbaiki sehingga cost-costnya bisa banyak turun," tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal mengatakan, pihaknya memperkirakan tahun ini bakal mencetak laba sebesar US$ 70 juta.

"Guidance kita akhir tahun kita akan berusaha mencapai nett profit US$ 70 juta," kata dia dalam publik ekspose di Kantor Pusat Garuda, Tangerang, Jumat (26/7/2019).


Pihaknya optimistis lantaran pada Kuartal I-2019 berhasil mencatatkan laba yang benar-benar mengandalkan pendapatan operasional. Pada Kuartal I-2019, pihaknya mencatatkan laba US$ 19,7 juta. Sementara untuk Kuartal II-2019 dia belum bisa menyampaikan

"Memang Kuartal II belum bisa saya sampaikan angkanya. Tapi laporan keuangan Juni akan kami sampaikan ke OJK dan Bursa (BEI) selambat-lambatnya Rabu 31 juli 2019," jelasnya.

Pihaknya juga meyakini laporan keuangan Kuartal III nanti akan lebih baik lagi. Itu seiring tercatatnya pendapatan dari penerbangan haji.

Simak Video "Garuda Indonesia Perkenalkan Armada Barunya, Yuk Intip!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com