Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 28 Jul 2019 14:03 WIB

Liputan Khusus Bisnis Kuliner Vegetarian

Tren Bisnis Kuliner Vegetarian, Jangka Panjang atau Sesaat?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Wahyu Setyo Widodo Foto: Wahyu Setyo Widodo
Jakarta - Bisnis kuliner vegetarian sedang menjamur. Hal itu tersebut terlihat dari kemudahan untuk mencari makanan bebas daging tersebut.

Pertanyaannya, apakah bisnis ini hanya tren sesaat?

Pengamat Bisnis Yuswohady menilai, bisnis ini memiliki prospek yang baik. Hal itu sejalan dengan semakin banyak masyarakat yang berpendidikan tinggi.


Menurutnya, semakin berpendidikan orang akan semakin peduli terhadap kesehatan, termasuk soal makanan sehat seperti vegetarian.

"Orang kan makin terdidik, makin kebahagiaan utamanya tercapai ketika dia sehat, makannya diatur, activity diatur, kerjanya. Orang makin kaya, makin pintar kaya begitu," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (23/7/2019).

"Saya kira vegetarian sesuatu yang sifatnya fundamental ke depan akan menjadi sesuatu yang happening, gitu. Walaupun mungkin lambat, tapi saya kira bukan tren yang sifatnya sesaat. Ke depan memang gaya hidup sehat, vegetarian salah satunya," tambahnya.

Dia menambahkan, meningkatnya masyarakat terdidik dan tumbuhnya kelas menengah atas berjalan seiringan. Menurutnya, hal itu menjadikan bisnis kuliner vegetarian memiliki prospek yang baik.


Meski, dia tak tahu apakah bisnis ini akan tumbuh cepat atau lambat.

"Indonesia dari negara miskin kemudian menengah, kita punya MRT, tol kita mau masuk kelompok negara maju lah. Kalau sudah di level itu, orang makin banyak kelas menengah, kemudian terdidik karena sekolahnya, kalau dulu universitas susah, sekarang begitu gampang, makin pinter orang akan peduli pada hal-hal yang sifatnya happines, hal-hal yang sifatnya kesehatan, ini akan ke sana," tutupnya.

Simak Video "Asyiknya Makan Burger Kekinian yang Bisa Diracik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com