ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jul 2019 10:35 WIB

Naik Angkutan Umum, Warga Jakarta Bisa Tekan Polusi Sampai 90%

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Jakarta - Transportasi publik menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan warga Jakarta untuk bepergian. Penggunaan transportasi publik juga menjadi salah satu cara untuk menekan polusi udara di Jakarta.

Menurut Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) Ahmad Saifudin, meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum dapat menjadi langkah yang baik untuk kurangi polusi udara. Angkutan pribadi menurutnya, menyumbang 47-90% polusi udara di Jakarta.

"Sumber utama pencemaran udara kan transportasi kisarannya 47-90% kendaraan bermotor ya, dengan mengurangi kendaraan pribadi ya bisa jadi kurangi pencemaran itu. Saat ini kan layanan transportasi juga aman dan nyaman ya," kata Ahmad kepada detikFinance, Senin (29/7/2019).


Ahmad menjelaskan apabila warga Jakarta banyak yang meninggalkan kendaraannya dan beralih transportasi publik, polusi udara di Jakarta bisa ditekan hingga 50-90%.

"Kalau angkutan umum didorong dan ada peralihan di masyarakat yang masif ke angkutan umum minimal itu bisa 50% berkurangnya polusi udara, paling maksimal polusi udara di Jakarta kalau orang mau pakai transportasi publik bisa tinggal 10% saja polusinya (turun 90%)," kata Ahmad.


Dia menjelaskan penggunaan kendaraan pribadi di jalanan Jakarta yang macet bisa menambah polusi. Pasalnya penggunaan kendaraan pribadi menjadi lebih lama di jalanan yang macet.

"Faktornya gini kan kalau banyak orang pakai kendaraan pribadi kan jalanan ramai tuh macet di jalanan, nah itu meningkatkan intensitas pencemaran. Nah kalau pada pakai transportasi umum kan jalanan jadi sepi maka (polusi udara) berkurangnya sangat tajam," ucap Ahmad.

Mengutip AirVisual di situsnya, hari ini Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di angka 180. Artinya, kualitas udara di Jakarta tidak sehat.

Polusi Jakarta makin parah, kualitas udaranya pun semakin buruk. Yuk, bantu kurangi polusi Jakarta dengan naik angkutan umum. Lagian kan lebih #enakdisopirin daripada nyetir sendiri.

Naik Angkutan Umum, Warga Jakarta Bisa Tekan Polusi Sampai 90%


Simak Video "Udara Jakarta Buruk, Anies Digugat ke PN Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com