Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jul 2019 16:40 WIB

KPPU Bacakan Putusan Sidang Kasus Kartel Garam Sore Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Amir Baihaqi Foto: Amir Baihaqi
Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hari ini akan membacakan putusan sidang mengenai kasus garam.

Pembacaan putusan perkara dengan nomer kasus 09/KPPU-I/2018 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dalam Perdagangan Garam Industri Aneka Pangan di Indonesia ini akan dilakukan di Ruang Sidang, Gedung KPPU, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Tujuh perusahaan diduga melanggar Undang-undang nomor 5 tahun 1999 dalam Perdagangan Garam Industri Aneka Pangan di Indonesia.

Tujuh perusahaan terlapor itu yakni PT Garindo Sejahtera Abadi (GSA), PT Susanti Megah (SM), PT Niaga Garam Cemerlang (NGC), PT Unicem Candi Indonesia (UCI), PT Cheetam Garam Indonesia (CGI), PT Budiono Madura Bangun Persada (BMBP) dan PT Sumatraco Langgeng Makmur (SLM).


Menurut Dendy, penanganan kasus dugaan kartel garam merupakan inisiatif KPPU yang mulai masuk ke tahap Pemeriksaan Pendahuluan sejak 11 Desember 2018. Pemeriksaan kemudian ditingkatkan ke tahap pemeriksaan lanjutan dengan mendalami tujuh pelaku usaha tersebut yang diduga melakukan kartel dalam bentuk pengaturan pemasaran garam industri aneka pangan di Indonesia.

Dugaan praktik kartel itu telah dilakukan sejak 2015 dan 2016. Akibatnya, terjadi kelangkaan pasokan garam yang berimbas kenaikan harga.




KPPU Bacakan Putusan Sidang Kasus Kartel Garam Sore Ini


Simak Video "Korban Tewas Baku Tembak Kartel Narkoba dan Polisi Bertambah"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com