ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 03 Agu 2019 14:05 WIB

Waduh! Harga Bawang Merah di Probolinggo Cuma Rp 5.000/Kg

M Rofiq - detikFinance
Foto: M Rofiq Foto: M Rofiq
Probolinggo - Harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terus merosot. Sejak sepekan terakhir harga bawang merah dijual di kisaran harga Rp 5.000-7.000 per kilogram (kg).

Salah satu pedagang di Pasar Bawang Merah Dringu, Maryati mengeluhkan akibat rendahnya harga bawang membuat dirinya dan pedagang lain merugi.

"Harga murah, tidak dapat hasil saya susah. Sudah tanam bawang habis biaya banyak, tapi dijual harganya murah. Jangankan untung, ini malah jadi rugi," kata Maryati di Pasar Dringu, Probolinggo, Sabtu (3/8/2019).


Dia menjelaskan selain pedagang, ia juga merupakan petani bawang. Saat menanam bawang beberapa bulan lalu ia mengeluarkan modal untuk membeli bibit Rp 30.000-35.000 per kg. Saat itu ia membutuhkan bibit untuk menanami 1 hektare (ha) lahan, itu artinya dibutuhkan bibit 950 kg atau sebesar Rp 27 juta.

Maryati mengharapkan harga bawang merah bisa kembali normal, agar ia bisa mendapatkan keuntungan dari hasil tanamnya.

Di tempat yang sama Kepala Pasar Bawang Merah, Dringu, Sutaman Effendi menjelaskan merosotnya harga bawang merah ini terjadi karena banjirnya hasil panen bawang di pasaran.


Selain itu, sejumlah daerah sentra penghasil bawang merah seperti Nganjuk, Brebes dan Bima juga sedang panen raya. Ini menyebabkan permintaan bawang merah dari luar daerah berkurang.

"Merosotnya semenjak sepekan terakhir, ya dampak panen yang berbarengan sampai harganya murah," jelas Sutaman.

Sutaman menjelaskan, sebelumnya harga bawang merah sempat berada di angka Rp 20.000 per kg untuk kualitas sedang. Sementara yang super, di angka Rp 22.000 per kg.



Waduh! Harga Bawang Merah di Probolinggo Cuma Rp 5.000/Kg


Simak Video "Mentan Pastikan Harga Bawang Putih Stabil Selama Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/kil)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com