Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 03 Agu 2019 15:45 WIB

Mau Beli Hewan Kurban Tapi Kantong Tipis? Ada yang Murah Nih

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Depok - Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata. Bagi umat muslim yang memiliki cukup uang melakukan kurban sangat dianjurkan. Mulai dari kambing, domba, hingga sapi bisa dibeli untuk ibadah kurban. Lantas berapa harganya?

detikFinance pun mendatangi beberapa penjual hewan kurban mulai dari lapak sederhana di pinggir jalan hingga 'mal' hewan kurban. Pertama di Mal Hewan Qurban Haji Doni di bilangan Kelapa Dua, Depok. Harga sapi di tempat ini mulai dari Rp 14 jutaan per ekor. Paling mahal Haji Doni menjual sapi seharga Rp 300 juta.

"Kita mulai harganya dari Rp 14 jutaan ya kategori middle low kayak sapi Kupang dan Bali. Paling mahal itu sapi Wagyu harganya Rp 300 juta itu sold out, kalau Wagyu memang dia dagingnya paling enak," kata Haji Doni saat ditemui detikFinance di lapaknya, Depok, Sabtu (3/8/2019).


Selain itu Doni juga menjual beberapa sapi jenis limosin. "Kalau limosin itu paling mahal Rp 200 juta beratnya 1,4 ton, itu sold out juga," ungkapnya.

Ada juga Sahabat Farm yang membuka lapak sederhana di Kukusan, Depok, harga sapinya yang paling laku berada di kisaran Rp 13-20 jutaan.

"Paling laku ini Bali sama Kupang ya harga mulai Rp 13 jutaan paling mahal Rp 20-23 jutaan, ini paling ekonomis. Pasarnya paling banyak," ungkap Yanto pemilik Sahabat Farm.

Selanjutnya, ada juga lapak milik Ade di Kukusan, Depok, dia menjual kambing dan sapi. Ade mengatakan fokus menjual kambing, sapi hanya untuk tambahan karena banyak konsumennya yang meminta.

Kambing yang dijual Ade berjenis Ettawa dan kambing Jawa Randu. Paling laku kata Ade adalah jenis kambing Jawa Randu dengan harga di bawah Rp 4 jutaan.

"Jawa Randu paling laku, karena harganya murah Rp 4 juta ke bawah, sekitar Rp 2,7 juta sampai Rp 4,5 juta. Kalau Ettawa bisa sampai Rp 5,5-6,5 jutaan," kata Ade.

Ade juga menjual domba, namun dia menjajakannya di hari-hari mendekati Idul Adha. Katanya makin dekat hari H makin banyak pembelinya.

"Biasanya H-3 itu makin banyak yang beli malah H-1 dari malam takbiran sampai paginya puncaknya, makanya sekarang saya belum taro domba di sini. Domba itu lebih kecil dari kambing, harga Rp 2 jutaan juga bisa kejual, paling mahal Rp 3 jutaan paling," kata Ade.


Kembali ke lapak hewan kurban milik Haji Doni, tempat ini juga menawarkan kambing. Kambing yang ditawarkan berjenis kambing Boer, dipatok harga mulai dari Rp 2,5-10 juta.

Berikut detikFinance rangkum harga hewan kurban, mulai dari sapi, kambing, dan domba:

Sapi
Kupang Rp 13-23 juta
Bali Rp 13-23 juta
Bali Super Rp 30 juta
Madura Rp 18,5-35 jutaBrahman Rp 40 juta
Wagyu Rp 60-300 jutaLimosin Rp 70-200 juta

Kambing
Boer Rp 2,5-10 juta
Ettawa Rp 5,5-6,5 juta
Jawa Randu Rp 2,7-4 juta
Domba Rp 2-3 juta


Mau Beli Hewan Kurban Tapi Kantong Tipis? Ada yang Murah Nih


Simak Video "Jagal di Cimahi Meninggal Saat Hendak Sembelih Hewan Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com