Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 16:45 WIB

RI Putar Otak Hadapi Gugatan Brasil soal Impor Daging Ayam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi impor daging ayam/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi impor daging ayam/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah putar otak menghadapi sengketa dagang dengan Brasil di World Trade Organization (WTO). Kasus sengketa dagang komoditas ayam kembali lagi dibawa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Untuk itu hari ini Menteri Koordinator Perekonomian mengadakan rapat koordinasi penyelesaian sengketa dagang Indonesia-Brasil.

Dalam rapat yang dilakukan di kantornya, Rabu (7/8/2019), Darmin mengundang Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, hingga Sekretaris Kabinet.


Sebelumnya, Indonesia pernah digugat oleh Brasil perihal penolakan impor daging ayam. Brasil membawa permasalahan ini ke WTO pada 2014 lalu dan diputuskan memenangi gugatan pada 2017.

Namun, karena Brasil menilai Indonesia masih belum juga membuka keran impor ayam untuk Brasil, mereka kembali menyeret masalah ini ke WTO Juni lalu.

Brasil membuka panel untuk menyelidiki kebijakan Indonesia mengenai impor unggas dari negaranya. Sebagai informasi impor daging ayam asal Brasil tidak bisa masuk Indonesia karena tidak memiliki sertifikasi sanitasi internasional serta sertifikat halal.



Simak Video "Cetak Gol dan Assist, Neymar Selamatkan Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com