Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 19:30 WIB

Daging Ayam Impor Brasil Harus Halal!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Erliana Riady Foto: Erliana Riady
Jakarta - Pemerintah menegaskan bahwa produk daging ayam yang masuk ke Indonesia dari Brasil tetap harus halal. Indonesia sendiri sudah membuka kesempatan untuk impor daging ayam dari negara tersebut.

Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan Antonius Yudi Triantoro menyatakan daging ayam yang diimpor harus berlabel halal. Bahkan, pemerintah Brasil dan Organisasi Dagang Dunia (WTO) pun sudah mengamini hal tersebut.

"Itu harus! Brasil mengakui itu, masuk Indonesia (daging ayam) harus halal, WTO juga akui itu, produk hewan jelas harus ada itu ya," ungkap Antonius usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (7/8/2019).


Halal menurut Antonius bukan cuma terkait hewan dan dagingnya saja, pemotongannya pun harus halal.

"Halal terkait hewan kan harus bukan sumber daging aja ya, pemotongannya juga. Kan kalau nggak sesuai pemotongannya juga dibilang nggak halal ya," jelas Antonius.

Untuk itu, menurut Antonius, pihak Brasil akan berkerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama untuk menjamin kehalalan produk daging ayamnya.

"Ada kerja sama, BPJH dengan otoritas disana. Jadi ada dua pihak untuk menjamin halal," kata Antonius.


Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa kesempatan impor daging ayam dari Brasil harus dibuka. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan sengketa dagang yang diadukan Brasil ke WTO.

"Intinya impor ke sini, itu harus ada. Karena tidak mungkin kita menyatakan tidak bisa, kalau kita melarang, melanggar ketetapan WTO, ya kita pasti salah," jelas Enggar.

Sertifikat halal sendiri menjadi salah satu yang dipermasalahkan dalam mengimpor daging ayam dari Brasil ke Indonesia.

Simak Video "Aneka Variasi Sate Ayam di Jalan Gajah Mada Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com