ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 10 Agu 2019 20:35 WIB

Begini Jurus Korea Banting Setir dari Miskin Jadi Negara Kaya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Istana Gyeongbok di Korea SelatanFoto: (Misbahul Ulum/dTraveler) Istana Gyeongbok di Korea SelatanFoto: (Misbahul Ulum/d'Traveler)
Jakarta - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro membandingkan Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) dalam hal pembangunan. Dia menyebut Indonesia dan Korea Selatan adalah negara yang sama-sama terkategorikan negara miskin pada 1950-an, namun kini nasibnya sama sekali jauh berbeda.

"Korea sejak 1990 masuk high income country. Korea ibarat balap lari, start kita sama-sama susah, sama-sama miskin di tahun 1950-an," kata Bambang di Kota Kasablanka, Sabtu (10/8/2019).

Ibarat menjadi pelari, menurut Bambang sebuah negara tak cukup cuma punya kemampuan lari saja. Namun juga harus memiliki otot yang kuat, yang diciptakan dari sumber daya manusia sebagai modalnya.

"Sebagai atlet, pelari butuh punya muscle (otot), meskipun punya kemampuan lari lebih. Korea awalnya tidak punya muscle, dia ciptakan muscle dari human capital tadi," kata Bambang.



Modal memperbaiki sumber daya manusia yang dilakukan Korsel berhasil membuat negaranya mendunia. Kini produk Korea muncul di mana-mana. Hal itu dinilai Bambang merupakan keberhasilan Korea menggenjot sumber daya manusianya.

"Yang kemudian membuat ekonomi terkenal hari ini, mereka bukan kaya minyak, kaya nikel atau kelapa sawit, bukan. Tetapi Korea muncul di handphone kalian, di televisi di rumah, di lemari es, alat elektronik mereka sudah kuasai," kata Bambang.

"Mobil sebagian sampai berbagai macam produk industri, dan ini bisa jadi number one in the world. Hari ini Samsung pemain utama dunia. Luar biasa dengan muscle yang dia bikin," tambahnya.

Intinya, Bambang mengatakan bahwa Indonesia kini akan mempercepat perkembangan sumber daya manusianya. Menurutnya, Indonesia harus lari lebih cepat untuk mengejar Korea.

"Poin saya upaya meski kita ketinggalan jauh. Kita harus lari lebih cepat lagi, kita harus tingkatkan muscle kita, muscle-nya apa? Human capital," kata Bambang.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com