Curhat Anak Orang Terkaya RI Garap Bisnis Rumah Sakit

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 11 Agu 2019 09:05 WIB
Curhat Anak Orang Terkaya RI Garap Bisnis Rumah Sakit
Foto: Vadhia Lidyana

Bisnis rumah sakit memiliki cara tersendiri dalam melakukan promosi. Jonathan mengatakan, mempromosikan RS-nya tak bisa semena-mena melalui iklan besar-besaran.

"Bedanya, bisnis RS ini tidak bisa iklan. Kami tidak bisa iklan di suatu media misalnya dan menuliskan operasi jantung diskon 50%, itu malah tidak ada yang mau datang. Jadi kita harus melakukan pendekatan secara halus, karena ini masalah kepercayaan. Tidak bisa kita bicara frontal, setiap hari pasang advertisement di media itu tidak bisa. Jadi gayanya sangat beda," beber Jonathan.

Hal utama yang dapat dilakukan untuk mempromosikan Mayapada Hospital ini dengan menciptakan kepercayaan di pasien-pasiennya. Jonathan menuturkan, cara terbaik menarik orang ke RS-nya adalah melalui referensi dari orang lain juga yang sudah pernah menerima pelayanan terbaik dari Mayapada Hospital.

"RS itu tergantung kepada kepercayaan. Dan kepercayaan itu bukan hal yang bisa gain over night. Untuk orang mempercayai sesuatu itu butuh waktu dan butuh juga pengalaman, atau juga butuh reference poin. Perlu referensi dari kenalan mengenai Mayapada. Dengan adanya referensi dari orang yang dikenal, maka orang tersebut akan percaya untuk berobat di Mayapada," kata Jonathan.

Saat ini, Mayapada Hospital sudah memiliki tiga cabang, yaitu di Tangerang, Lebak Bulus, dan Bogor. Rencananya, dalam dua tahun ke depan Mayapada akan membuka empat cabang baru yaitu dua di Surabaya, satu di Bandung, dan terakhir di Kuningan-Jakarta Selatan.