Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 14:07 WIB

PNS Kerja dari Rumah, MenPAN-RB: Sudah Dilakukan Negara Maju

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin memberi penjelasan terkait wacana pegawai negeri sipil (PNS) bisa kerja di rumah. Dia mengatakan, hal tersebut bukan hal baru.

Dia mengatakan, PNS di negara lain bisa bekerja di rumah untuk mempermudah pekerjaan. Selain itu, keistimewaan itu diberikan pada PNS berprestasi.

"Itu adalah untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan sekaligus PNS-PNS yang punya prestasi. Itu sudah dilakukan bukan barang asing, itu sudah puluhan tahun dilakukan negara-negara maju bagi aparatnya yang punya prestasi bagus dalam satu minggu diperbolehkan bekerja satu rumah di rumah, tapi bekerja. Ini teknologi sekarang," kata Syafruddin di kantornya Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Tidak hanya di rumah, pekerjaan bisa dilakukan di luar kantor seperti di mal. Namun, dia menegaskan, itu hanya contoh di negara lain.

"Itu bukan di kita, saya contohkan, di negara maju itu, ini bukan barang baru. Negara-negara yang sudah canggih teknologinya aparatnya ya sambil jalan di atas mobil macet kerja di mobil," paparnya

Meski begitu, dia bilang, PNS bekerja di rumah hingga saat ini masih wacana.

"Nanti kita sampaikan, ini kan baru wacana, baru membuka cakrawala kita. Ini juga desakan daripada bonus demografi 62% bangsa Indonesia akan kita peroleh 2030. Kita harus mempersiapkan," tutupnya.



Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com