Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 14:58 WIB

Kriteria Menko Perekonomian Untuk Jokowi di Periode Kedua

Hendra Kusuma - detikFinance
Kemenko Perekonomian/Foto: Puti Aini Yasmin Kemenko Perekonomian/Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum menyinggung banyak mengenai calon menteri kabinet kerja periode kedua. Namun, banyak pertanyaan mengenai status para petahana untuk dipertahankan atau tidak.

Seperti jabatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang sekarang diemban Darmin Nasution. Banyak kalangan yang meramal bahwa Mantan Dirjen Pajak itu akan diganti oleh Jokowi.

Seperti Fajar B. Hirawan, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia itu mengatakan bahwa Darmin Nasution berpotensi diganti.

"Menteri Koordinator Bidang Perekonomian diganti," kata Fajar saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (14/8/2019).


Dia enggan memberikan alasannya. Hanya saja dirinya menilai bahwa sosok Menteri Koordinator Bidang Perekonomian harus diisi oleh individu yang mampu berpikir strategis, bersinergi dengan kementerian/lembaga (K/L) lain yang bersinggungan.

"Cepat, terukur, dan efektif dalam mengambil keputusan dan implementasi kebijakan," jelasnya.

Fajar menilai, sosok calon Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di periode kedua Presiden Jokowi bisa berasal dari kalangan profesional dan politik. Namun diprioritaskan dari kalangan profesional yang tidak memiliki conflict of interest baik itu secara politik maupun bisnis.


Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, sosok yang dibutuhkan untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian adalah seseorang yang bisa melibatkan dunia usaha dalam membuat suatu kebijakan.

"Yang penting selalu bisa bertemu dan berkomunikasi secara regular dengan dunia usaha, sehingga kebijakan atau policy yang berhubungan dengan perekonomian dan dunia sudah di bicarakan dan di-support oleh dunia usaha," kata Rosan.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!

Simak Video "Jelang Tanding di Rusia, Siswa dan Lulusan SMK Bertemu Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed