Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 15:41 WIB

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 0.

Endah Sekar Wardani - detikFinance
Foto: (Belly Suwandi/dTraveler) Foto: (Belly Suwandi/d'Traveler)
Jakarta - Pemerintah Singapura memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2019 mendekati nol. Hal ini seiring dengan kondisi global, khususnya perang dagang.

Pemangkasan proyeksi produk domestik bruto di Singapura sering dianggap sebagai penentu bagi pertumbuhan global. Ekonomi Singapura diperkirakan hanya tumbuh di kisaran 0-1% tahun ini, turun dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 1,5-2,5%.

Adanya pemangkasan proyeksi ekonomi Singapura menambah kekhawatiran secara global tentang dampak peningkatan proteksionisme terhadap ekspor dan produksi. Selain itu, hal ini telah mendorong bank sentral untuk memangkas suku bunga.

Menteri Perdagangan Singapura juga mengungkap bahwa kondisi ekonomi di dalam negeri masih akan mengalami perlambatan pada semester ke II-2019.

"Pertumbuhan PDB Singapura pada paruh kedua 2019 diperkirakan akan melambat," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/8/2019).


Ia juga menandai sejumlah resiko ekonomi yang meningkat termasuk situasi politik Hong Kong, sengketa perdagangan Jepang-Korea, perang tarif China-Amerika Serikat, serta memperlambat pertumbuhan di China dan Brexit.

Perang dagang China-Amerika Serikat ekonomi Singapura terpukul. Singapura memangkas proyeksi setahun penuh untuk ekspor domestik non-minyak.

"Dengan ketegangan perdagangan antara AS-China tidak mungkin mereda dalam waktu dekat, kami berharap ekspor dan layanan terkait perdagangan mendorong ekonomi ke dalam resesi teknis di Q3," kata kepala ekonom Asia di Oxford Economics Sian Fenner.

Pada minggu lalu beberapa negara seperti, Selandia Baru, India, dan Thailand memangkas suku bunga dan menandakan kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi. Bulan lalu, The Fed memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2008.



Simak Video " Sajian Komplet Fan Zones ICC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed