Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 16:57 WIB

Punya Usul Menteri BUMN? Yuk Bantu Jokowi Cari Calonnya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr
Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) perlu dibantu mencari sosok menteri yang mumpuni, salah satunya untuk Menteri BUMN. Detikers bisa membantu untuk mencari menteri yang sesuai. Punya usulan untuk sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)?

Cara untuk bantu Jokowi cari menteri mudah banget. Tinggal ikutan program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dengan mengisi survei ini dan memasukkan nama yang cocok jadi Menteri BUMN.

Bila merujuk pada Perpres Nomor 41 Tahun 2015, ini fungsi Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri BUMN:


a. perumusan dan penetapan kebijakan di bidang penyusunan inisiatif bisnis strategis, penguatan daya saing dan sinergi, penguatan kinerja, penciptaan pertumbuhan berkelanjutan, restrukturisasi, pengembangan usaha, serta peningkatan kapasitas infrastruktur bisnis badan usaha milik negara
b. koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang penyusunan inisiatif bisnis strategis, penguatan daya saing dan sinergi, penguatan kinerja, penciptaan pertumbuhan berkelanjutan, restrukturisasi, pengembangan usaha, serta peningkatan kapasitas infrastruktur bisnis badan usaha milik negara
c. koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara
d. pengelolaan barang milik negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Badan Usaha Milik Negara
e. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' berlangsung pada 12-26 Agustus 2019. Ada hadiah total Rp 10 juta untuk 20 Detikers beruntung yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya.

Nantinya, nama-nama tokoh yang terkumpul akan dibahas oleh tim pakar dan dikerucutkan menjadi 6 nama per kementerian. Enam nama itu akan kembali dilempar ke Detikers untuk disurvei menjadi 3 nama. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Ini bukan pertama kalinya detikcom membantu Jokowi mencari menteri. Pada tahun 2014, detikcom mengadakan 'Seleksi Menteri' dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!



Simak Video "Menakar Keahlian Menteri Muda di Kabinet Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed