Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 06:42 WIB

Mau Bantu Jokowi Cari Menko Maritim? Buruan Isi Surveinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi Foto: Eduardo Simorangkir Ilustrasi Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mimpi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Maka dari itu, Jokowi perlu dibantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) yang mumpuni di periode selanjutnya.

Detikers punya kesempatan membantu Jokowi untuk mewujudkan cita-citanya itu. Caranya, dengan mengikuti program 'Bantu Jokowi Cari Menteri'.

Caranya mudah, Detikers bisa mengusulkan nama calon yang dianggap kompeten dengan mengisi form survei berikut ini. Survei ini akan berlangsung dari 12 sampai 26 Agustus 2019.

Patut diingat, sebelum mengusulkan nama Detikers juga mesti tahu tugas Menko Maritim. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2015, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyelenggarakan fungsi:
a. koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan kementerian/lembaga yang terkait dengan isu di bidang kemaritiman,
b. pengendalian pelaksanaan kebijakan kementerian/lembaga yang terkait dengan isu di bidang kemaritiman,
c. koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman,
d. koordinasi dan sinkronisasi kebijakan penguatan negara maritim dan pengelolaan sumber daya maritim,
e. koordinasi kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kemaritiman,
f. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman,
g. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan
h. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden.


Lalu, kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman antara lain Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, dan instansi lain yang dianggap perlu.

Lebih lanjut, Detikers yang turut mengusulkan nama calon menteri lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' berkesempatan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu. Hadiah diberikan kepada Detikers yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Dalam survei ini, nama calon menteri usulan Detikers akan diverifikasi oleh tim pakar dan menjadi bahan Focus Group Discussion. Tim pakar akan mengerucutkan nama-nama yang masuk menjadi 6 calon menteri per kementerian.

Detikers akan kembali dilibatkan lewat survei untuk mengerucutkan dari 6 menjadi 3 besar calon menteri. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Ini bukan pertama kalinya detikcom membantu Jokowi mencari menteri. Pada tahun 2014, detikcom mengadakan 'Seleksi Menteri' dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang! Klik di sini.



Simak Video "Tak Mudah! Ayo Bantu Jokowi Cari Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com