Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Agu 2019 15:50 WIB

Tenang, Gaji Nggak Naik Tapi PNS Tetap Dapat THR dan Gaji ke 13

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Zaki Alfarabi Foto: Zaki Alfarabi
FOKUS BERITA PNS Tak Naik Gaji
Jakarta - Bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) alias PNS tidak usah berkecil hati lantaran pemerintah tak menaikkan gaji di tahun 2020. Sebab, pemerintah masih memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 pada tahun depan.

Kenaikan gaji bagi para abdi negara juga baru diberlakukan pada tahun 2019. Pencairannya terjadi secara dirapel sejak April tahun ini.

Meski tidak naik gaji lagi, pemerintah tetap konsisten memberikan THR dan gaji ke-13 untuk para PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian, serta para pensiunannya.

"Kita menjaga komitmen untuk mendukung reformasi birokrasi supaya tetap berikan pelayanan yang lebih baik. Haknya kita jaga untuk memacu motivasi," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat ditemui beberapa waktu lalu.



Bahkan, untuk besaran THR dan gaji ke-13 pemerintah menetapkan besarannya sama dengan gaji yang diterima satu bulan sebelumnya alias take home pay (THP).

Pemerintah sendiri akan memulai menyiapkan aturan untuk gaji ke-13 dan THR bagi pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Pemerintah akan melihat apakah perlu menyiapkan aturan baru atau pakai yang sudah ada.

Bila harus membuat aturan baru, menurutnya pemerintah akan mulai menyiapkan RPP-nya pada awal tahun depan. Namun jika tidak perlu mengubah aturan maka yang jadi landasan hukumnya sama seperti PP yang dipakai tahun ini.

Tercatat, pemerintah mulai memberikan THR dimulai tahun 2016 sedangkan gaji ke-13 sudah dilakukan sejak dirinya memimpin pada 2015. Keduanya masih konsisten memberikan THR dan gaji ke-13 kepada seluruh abdi negara hingga tahun 2020.



Simak Video "Gaji TNI Diusulkan Naik, Begini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
FOKUS BERITA PNS Tak Naik Gaji
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com