Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 16:28 WIB

Sri Mulyani Lanjutkan Bahas Wacana Ponsel Ilegal Kena Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. Kadin Foto: Dok. Kadin
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan duduk bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terkait dengan pengenaan pajak pada pelaksanaan aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Dia mengaku, masih belum mengetahui secara pasti instrumen pajak macam apa yang dibutuhkan pada aturan IMEI ini.

"Saya terus terang tadi cek ke dirjen pajak. Kami juga ingin cek ke Pak Rudiantara maksudnya pajak apa karena terus terang kita di Kemenkeu untuk pertama kali kita concern kalau ada barang-barang ilegal yang masuk dan selama ini yang melakukan tugasnya adalah bea dan cukai," kata Sri Mulyani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Oleh karenanya, dirinya pun mengaku akan melakukan pertemuan dengan Rudiantara untuk membahas lebih lanjut instrumen pajak apa yang dibutuhkan untuk memberantas ponsel black market (BM).

"Kalau sekarang ada concern dari Pak Rudiantara yang berhubungan dengan pajak, maka nanti kami akan duduk bersama para eselon I nya Pak Rudiantara untuk melihat aspek apa sih sebetulnya yang dibutuhkan dari kami di Kemenkeu," jelas dia.

"Kami siap saja membahasnya. Apakah ini dari sisi pajak impornya atau dari aspeknya kita lihat," sambungnya.



Sebelumnya, Pemerintah terus menggodok aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) sebelum kebijakan tersebut mulai diterapkan. Terbaru, pemerintah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan mengenai masalah pajaknya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail di sela-sela uji coba 5G Smartfren di Marunda Refinery, Bekasi, Jawa Barat, Senin (19/8/2019).

"Masih koordinasi. Pak Menteri (Rudiantara) masih komunikasi dengan bu Sri Mulyani kaitannya dengan pajaknya. Ini untuk ke depan bukan untuk ke belakang," ungkapnya.



Simak Video "Lenggak-lenggok Sri Mulyani Tirukan Gerakan Tarian Anak STAN"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com