Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 13:19 WIB

Luhut Sebut Afrika Mau Impor Guru dan Tenaga Medis RI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri
Nusa Dua - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sejumlah negara Afrika tertarik untuk mengimpor guru dan tenaga kesehatan dari Indonesia. Luhut bilang, hal itu disampaikan oleh beberapa negara Afrika saat bertemu dengannya dalam acara Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019.

"Pendidikan mereka pengin ada kerja sama dengan kita. Nanti giliran apa yang kita bisa, tenaga medis. Saya nggak kebayang hebat responsnya," kata Luhut saat ditemui di Kawasan Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019).


Luhut mengatakan, pada tahap awal dia meminta sejumlah negara Afrika untuk mengirim Sumber Daya Manusia (SDM)-nya untuk belajar di perguruan tinggi yang ada di Jawa maupun Bali.

"Ya mereka minta, tapi belajar di kita. Jadi saya tawarkan kemarin seperti universitas di mana, di Bali atau Jawa Tengah, di Jawa Barat," paparnya.


Sementara untuk realisasi ekspor SDM pendidikan dan kesehatan, Luhut menyatakan akan mengunjungi sejumlah negara tersebut terlebih dulu pada tahun depan. Dia mengaku akan meminta izin ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau kita bikin ini lagi tahun depan dan saya juga diundang ke Afrika, saya pikir saya minta izin ke presiden, dan saya harus pergi ke sana. Mungkin 3-4 negara kita pergi," kata Luhut.

Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com