Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Agu 2019 12:02 WIB

AP II Dorong Maskapai Buka Rute Langsung ke Afrika

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: dok. AP II Foto: dok. AP II
Badung - PT Angkasa Pura II (Persero) mendorong maskapai untuk membuka rute penerbangan langsung dari Indonesia ke kawasan Afrika. Insentif pun disiapkan agar para maskapai tertarik.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, saat ini penerbangan langsung dari Indonesia ke Afrika hanya dengan maskapai Ethiopian Airlines.

"Untuk direct connection Indonesia ke Afrika terbatas sekali. Baru ada yang Soekarno-Hatta ke Ethiopia, yang lain-lain mekanismenya transit," ujarnya saat ditemui di kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis (22/8/2019).

Awaluddin bilang, ada dua insentif yang disiapkan agar maskapai tertarik membuka rute baru ke benua Afrika. Yang pertama ialah marketing insentive scheme, atau insentif iklan maskapai di spot bandara Angkasa Pura II.



Kemudian insentif kedua operation insentive scheme, yakni skema insentif yang bertujuan untuk mengurangi biaya operasional maskapai di bandara. Mulai dari landing fee, biaya parkir, maupun biaya garbarata.

"Terus kalau mereka mau mengisi slot di jam sepi, misalnya malam, saya mau masuk di sepi tapi kasih harga yang beda, itu juga boleh," kata Awaluddin.

Dia menambahkan, tujuan rute langsung Indonesia-Afrika diperbanyak juga untuk mendorong ekspor-impor kedua belah pihak. Apalagi, saat ini Indonesia sedang menggenjot kerja sama di berbagai sektor dengan negara-negara kawasan Afrika.

"Jadi konsep-konsep free trade agreement dan preferential trade agreement itu harus didukung konektivitas. Dari sana ke sini, dari sini ke sana bagaimana," katanya.



Simak Video "Gurih Lezat Nasi Ayam dan Kambing Khas Afrika "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com