Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Agu 2019 11:57 WIB

Sri Mulyani: Ekonomi Dunia Melemah, Risikonya Meningkat

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Kemenkeu Foto: Dok. Kemenkeu
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan risiko pelemahan ekonomi dunia saat ini semakin meningkat. Hal ini disampaikannya saat memberikan keterangan dalam konferensi per APBN KiTA di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Kondisi dari ekonomi dunia confirm melemah dan ini risikonya bahkan makin meningkat. Ini muncul di dalam statement indikator-indikator yang muncul sesudah eskalasi terutama terjadi pada Juli dan Agustus," katanya.



Dia menjelaskan, berkembangnya perang dagang muncul dalam gerakan mata uang yuan yang melemah. Hal ini menimbulkan spekulasi perang dagang yang merembet pada perang nilai tukar.

Tarif impor AS yang dibalas dengan China dengan menaikkan tarif lainnya membuat harga saham dunia bergejolak. Hal ini terjadi hanya dalam waktu singkat. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di level 5% menurut Sri Mulyani adalah hal yang baik.

"Hampir semua negara dunia alami pelemahan dan kalau Indonesia terjaga di atas 5%, sesuatu exceptional di saat seluruh negara revisi ke bawah dan bahkan resesi," katanya.



Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com