Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Sep 2019 13:32 WIB

RI Mau Impor Daging Sapi Brasil, Bebas PMK dan Halal Nggak?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi daging sapi/Foto: Eduardo Simorangkir Ilustrasi daging sapi/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Perum Bulog ditugasi mengimpor daging sapi Brasil. Rencananya, Bulog akan mengimpor 50.000 Ton Daging sapi dari Negeri Samba.

Direktur Pengadaan Bulog, Bachtiar, mengatakan daging-daging impor dari Brasil akan diseleksi ketat. Harus dilengkapi sertifikat bebas penyakit mulut dan kuku dan juga harus lolos Badan Karantina.

"Kan ada sertifikat internasionalnya. Kita mesti periksa semua melalui karantina kalau itu nggak memenuhi syarat nggak akan mungkin kita ambil. Waktu bidding (pelelangan) kan udah kita cantumkan syarat-syaratnya," kata Bachtiar ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (2/9/2019).


Selain untuk urusan halal, Bulog memberi syarat sertifikat halal sebelum daging-daging sapi dari Brasil masuk Indonesia.

"Ada surat izin halalnya lah. Kita ada ketentuan mau masuk Indonesia kan ada surat dari itu, Majelis Ulama Indonesia yang mengeluarkan surat halal. Kalau itu perusahaan itu nggak ada surat halalnya ya nggak mungkin," tegas Bachtiar.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membeberkan akan ada 50.000 ton daging sapi impor dari Brasil yang akan masuk ke Indonesia. Enggar menyebutkan Bulog akan mendapat kuota impor 30.000 ton daging sapi Brasil, sisanya akan diimpor oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan PT Berdikari.

"30.000 ton dialokasikan kepada Bulog, 10.000 ton kepada PPI, 10.000 ton ke Berdikari. Ini yang menetapkan rakor. Kita ya impor daging beku lah, kan tiga bulan perjalanan di kapal," papar Enggar usai meresmikan Indonesia Great Sale, di TangCity Mall, Tangerang, Rabu (14/8/2019).



Simak Video "Kenali Jenis Potongan Olahan Sapi dan Kambing yang Pas"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com