Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Sep 2019 16:48 WIB

Ajak Milenial Kuasai Teknologi, JK Contohkan Bos Gojek dan Bukalapak

Agus Setyadi - detikFinance
Foto: Agus Setyadi/detikcom Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak generasi muda menguasai teknologi agar dapat mengubah kehidupan bangsa. JK mencontohkan dua anak muda Indonesia yang sukses di bidang teknologi, yaitu Nadiem Makarim pendiri Gojek dan Achmad Zaky pendiri Bukalapak.

JK menyampaikan hal itu dalam orasi ilmiah untuk memperingati milad ke-58 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh, Aceh, Senin (2/9/2019). JK menaruh harapan pada lulusan kampus berjuluk "Jantong Hate Rakyat Aceh" ini untuk menguasai teknologi.

"Kita tentu bangga Gojek yang telah mengubah cara hidup kita semua di Indonesia ini oleh Nadiem Makarim, atau pun Bukalapak oleh Ahmad Zaki. Itu anak-anak muda yang mengubah kehidupan bangsa ini, gak ada orang tua seperti saya," beber JK.


"Kita memimpin untuk perubahan tapi yang merubahnya ada generasi muda," sambungnya.

Menurut JK, para mahasiswa punya potensi untuk mengubah bangsa Indonesia. Di akhir orasi politiknya, JK mengutip slogan kampanye yang pernah digunakannya yaitu "Lebih Cepat Lebih Baik".

"Lebih cepat cepat anda menguasai teknologi lebih baik untuk kehidupan bangsa ini," tutur JK.

Wapres JK menyebut, kehidupan pada saat ini jauh lebih mudah dibandingkan masa lalu. Dia mencontohkan, untuk mencuci pakaian saja sekarang sudah ada mesin cuci, serta berbagai teknologi lainnya.


"Saya mengucapkan selamat ulang tahun Unsyiah ke-58, dengan harapan bahwa perubahan mendasar teknologi itu harus ditanggapi dengan kreativitas yang tinggi dan inovasi dari mahasiswa," kata JK.

JK kemudian menyebut beberapa tokoh yang berhasil mengubah dunia meski tidak lulus kuliah seperti Bill Gates dan pemilik Facebook Mark Zuckerberg.

"Mereka sebagian besarnya tidak tamat universitas. Saya tidak ingin menyatakan anda tidak perlu tamat, tapi tidak tamat saja begitu hebat. Tidak tamat saja bisa merubah dunia apalagi kalau anda tamat jadi sarjana pasti lebih gampang mengubah dunia," tutur JK disambut tepuk tangan mahasiswa.

Simak Video "Jusuf Kalla Ngaku Belum Tahu Soal Posisi Wantimpres"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com