ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Sep 2019 16:01 WIB

Kemendag Minta Indofood Cs Serap Bawang Merah Petani

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: M Rofiq Foto: M Rofiq
Jakarta - Harga bawang merah di tingkat petani terjun bebas. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, harga bawang merah bahkan berada pada level Rp 6.000-9.000. Untuk itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto mengatakan, pihaknya dan juga Kementerian Perindustrian mengusulkan agar bawang merah diserap oleh industri makanan, seperti Indofood dan Wingsfood.

"Bawang merah saya lagi koordinasi dengan Direktur Jenderal Industri Agro (Abdul Rochim), besok akan kita panggil Wingsfood, Indofood, untuk menyerap bawang merah," tutur Suhanto usai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Suhanto mengatakan, pihaknya dengan Kemenperin akan berkoordinasi untuk menentukan daerah mana yang perlu diserap untuk industri. Hal tersebut akan dibahas dalam pertemuannya dengan industri makanan besok.

"Ini kami kan baru dapat informasi dari daerah mana, dari mereka siap akan menyerap ya minta informasi pada kami daerah mana yang memang sekarang tidak terserap. Tadi saya kebetulan bersama dengan Pak Rochim, bersama-sama untuk kita akan panggil industri yang mengolah bawang banyak untuk menyerap bawang itu," terang Suhanto.


Namun, ia belum dapat membeberkan berapa jumlah bawang merah produksi petani yang akan diserap oleh industri.

Selain itu, mengenai serapan bawang merah oleh Bulog yang diinginkan petani, Suhanto mengatakan pihaknya belum mengetahui hal tersebut.

"Saya belum koordinasi dengan Bulog. Karena saya juga baru dapat informasi hari ini, jadi kebetulan ada industri agro, nanti dari kami akan koordinasi dengan industri agro," pungkasnya.



Simak Video "Tak Hanya Telur Asin, Brebes Juga Penghasil Bawang Merah Berkualitas"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com