Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 11:33 WIB

China dan AS 'Kopi Darat' Oktober, Sudahi Perang Dagang?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Getty Images/AFP Ilustrasi/Foto: Getty Images/AFP
Jakarta - Kedua raksasa ekonomi dunia, China dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk bertemu pada Oktober untuk melakukan negosiasi perdagangan. Rencana ini muncul setelah kedua raksasa ekonomi itu mengenakan tarif baru pada pada awal bulan.

Sebelumnya AS mengenakan tarif 15% untuk berbagai barang China termasuk di dalamnya alas kaki, jam tangan pintar, dan televisi layar datar. Di lain pihak, Beijing juga mulai mengenakan bea baru pada minyak mentah AS.

Untuk menengahi masalah perang dagang tersebut, Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa perwakilan AS dan China berbicara di ujung telepon dan sepakat untuk bertemu pada awal Oktober. Liu He, negosiator perdagangan China berbicara dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.


Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan putaran perundingan perdagangan lagi di Washington DC awal bulan depan. Pembicaraan lebih lanjut akan digelar pada pertengahan September ini untuk persiapan pertemuan tersebut.

"Kedua belah pihak sepakat bahwa mereka harus bekerja sama dan mengambil tindakan praktis untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi negosiasi," kata Menteri Perdagangan China dikutip dari CNBC, Kamis (5/9/2019).

Juru bicara perwakilan dagang AS mengatakan bahwa kedua negara sepakat bertemu di Washington beberapa minggu mendatang. Kedua belah pihak sebelumnya juga sudah mengindikasikan pertemuan pada September, namun ketegangan dagang meningkat belakangan ini.



China dan AS 'Kopi Darat' Oktober, Sudahi Perang Dagang?


Simak Video "Jokowi Antisipasi Dampak Perang Dagang AS-China"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com