Sederet Perusahaan China yang Pilih Pindah ke Vietnam Ketimbang RI

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 05 Sep 2019 15:59 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal lantaran Indonesia belum optimal menjaring investasi secara langsung alias foreign direct investment (FDI). Bahkan ada 33 perusahaan yang hengkang dari China mayoritas memilih Vietnam. Tak satu pun melirik Indonesia.

Dikutip detikcom dari Vietnam Insider, Kamis (5/9/2019), 33 perusahaan yang terdaftar di China sudah sejak Juni menyatakan untuk merelokasi perusahaan ke luar negeri.

Dalam berita tersebut dinyatakan, hampir 70% dari 33 perusahaan memilih Vietnam sebagai tujuan, sementara sisanya memilih Kamboja, India, Malaysia, Meksiko, Serbia, dan Thailand.


Dari 33 perusahaan yang pindah ke China, beberapa di antaranya adalah Jinhua Chunguang, pembuat produk karet. Pada 19 Juli mereka mengumumkan akan berinvestasi US$ 4,35 juta untuk mendirikan basis produksi di Vietnam. Investasi itu salah satunya merupakan respons terhadap perubahan pada lingkungan global.

Berikutnya adalah Zhejiang Henglin Chair Industry yang juga memilih pindah ke Vietnam, di mana mereka mengakuisisi pabrik milik Taiwan. Itu sebagai bagian dari investasi sebesar US$ 48 juta untuk mempercepat ekspansi. Henglin termasuk pembuat furnitur Swedia Ikea dan Nittori Jepang di antara kliennya.

"Kami akan mulai berproduksi pada paruh kedua tahun ini," kata seorang eksekutif di perusahaan itu kepada Nikkei di pabriknya di Kabupaten Anji.


Pabrikan tekstil juga telah memutuskan untuk meningkatkan produksi di Vietnam, yaitu Huafu Fashion. Mereka mengumumkan pada bulan Desember bahwa pihaknya berinvestasi US$ 362 juta untuk membangun pabrik di sana.

Pembuat benang yang digulung itu mengatakan mendirikan fasilitas manufaktur di Vietnam memungkinkan mereka untuk mencari bahan baku yang lebih murah, mengurangi biaya tenaga kerja dan menghindari hambatan tarif.


Sederet Perusahaan China yang Pilih Pindah ke Vietnam Ketimbang RI


Simak Video "Bakamla Tangkap 2 Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam di Perairan Natuna"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)