Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Sep 2019 11:30 WIB

Ada Tol Trans Sumatera, Pengusaha Bus: Jadi Lebih Cepat

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Jakarta - Beberapa ruas jalan tol Trans Sumatera sudah dibuka untuk umum, salah satunya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi penuh. Pengusaha otobus pun mengaku diuntungkan dengan adanya tol yang membentang di tanah Sumatera ini.

Ketua Bidang Angkutan Orang Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kurnia Lesani Adnan menyatakan keuntungan terbesar bagi para pengusaha angkutan bus adalah terpangkasnya waktu tempuh.

"Kalau kita bicara angkutan penumpang kita sangat senang untuk keberadaan jalan tol ini. Jam tempuh kita jauh lebih cepat, jam tempuh kita lebih baik," kata pria yang akrab dipanggil Sani ini, saat dihubungi detikcom, Jumat (6/9/2019).


Dari Bakauheni ke Terbanggi Besar saja, kata Sani, kini hanya ditempuh paling lama tiga jam. Padahal sebelumnya, bisa mencapai lima jam.

"Kalau kita tadinya dari Bakauheni ke Terbanggi Besar lewat jalan Lintas Sumatera, bisa makan waktu 4-5 jam. Nah kalau bablas tol terus bisa 2-3 jam doang itu," papar Sani.

Kecepatan waktu tempuh itu juga bisa dicapai karena kini dengan lewat jalan tol bus tidak lagi bersinggungan dengan kendaraan pribadi. Katanya, kalau lewat jalan nasional Lintas Sumatera, kepadatan lalu lintas yang berujung kemacetan seringkali terjadi.



"Kita juga nggak berinteraksi lagi dengan roda dua. Kan kalau kita tengok Lintas Sumatera yang jalan nasional itu titik kemacetan banyak sekali, karena ada roda dua juga. Belum lagi adanya tingkat pertumbuhan kendaraan pribadi yang tinggi," ungkap Sani.

Kepadatan itu bukan cuma timbulkan kemacetan, Sani menilai kepadatan itu juga membuat resiko kecelakaan menjadi tinggi. "Karena itu (kepadatan) lah resiko kecelakaan pun tinggi di sana," sebutnya.




Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com