Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Sep 2019 16:25 WIB

Bus yang Terbakar di Bandara Ngurah Rai Sedang Tak Angkut Penumpang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: DOK. Istimewa
Jakarta - Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan bus yang terbakar di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali tidak dalam posisi mengangkut penumpang. Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura (AP) I Handy Heryudhitiawan kepada detikcom, Jumat (6/9/2019).

"Tidak, tidak, itu tidak sedang mengangkut penumpang jadi posisi di dekat parking stand nomor 23 internasional," katanya saat dikonfirmasi.

Handy menjelaskan, bus merupakan pelayanan ground handling yakni pelayanan yang sifatnya berada di area bandara. Layanan ini meliputi dari check in sampai diarahkan masuk ke pesawat atau sebaliknya dari pesawat menuju terminal. Nah, bus sendiri kerap dipakai jika penumpang tidak mendapat layanan garbarata.

"Jadi gini kalau Bapak naik pesawat, Bapak landing di Bali, kan disiapkan tangga turun pesawat itu yang menyiapkan ground handling dari pihak operator pelayanan di darat," ujarnya.


"Kemudian, bapak membutuhkan bus ke terminal, tidak memakai garbarata, bus yang disiapkan ground handling. Banyak macam-macam fungsi dia, dorong pesawat mundur ada traktor, ada mobil mendorong pesawat supaya mundur, sesaat sebelum pesawat lepas landas itu dari ground handling," sambungnya.

Terkait penyebab kebakaran, Handy belum mengetahuinya karena masih dalam proses investigasi.

"Dapat kami sampaikan bahwa bus tersebut dioperasikan oleh salah satu ground handling yang beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Terkait kenapa penyebab terbakarnya, kami belum bisa memberikan penjelasan karena harus dilakukan investigasi terlebih dahulu," tutupnya.



Simak Video "Cegah Corona, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Disemprot Desinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com