Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 10:10 WIB

Waspada Penjualan Emas Antam dengan Sistem Lelang dan PO

Zulfi Suhendra - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Antam Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia mengimbau masyarakat berhati-hati jika menemukan penjualan emas murah dan tidak wajar. Penjualan emas ini kerap ditemui dengan sistem lelang dan pre order (PO).

VP Marketing & Sales, Iwan Dahlan mengatakan Perusahaannya menemukan penjualan emas di masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah dari Antam Logam Mulia. Penjual emas tersebut mengatakan mendapat emas beli dari Antam dengan sistem lelang atau PO.

"Tidak ada sistem lelang atau PO di Antam, kami himbau masyarakat berhati-hati," kata Iwan dalam keterangannya, Senin (9/92019).



Dikatakan Iwan, penjualan emas Antam beredar di masyarakat memang wajar terjadi karena Antam menggunakan sistem jual putus dengan konsumen. Itu artinya, masyarakat bebas menjual lagi emasnya dengan harga yang mereka tetapkan sendiri.

Namun Iwan menemukan praktik yang tidak wajar. Ada pihak yang mengiming-iming emas Logam Mulia dengan harga jauh lebih murah.

"Ketika ditanya kenapa murah, mereka bilang dapat emas dari lelang dan PO di Antam, kami tidak ada sistem ini," kata Iwan.

(zlf/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com