Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 16:15 WIB

Pilot Mogok Kerja, British Airways Nyaris Lumpuh

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: (British Airways/CNN) Foto: (British Airways/CNN)
Jakarta - Maskapai penerbangan British Airways terpaksa membatalkan nyaris seluruh penerbangan pada Senin dan Selasa karena para pilot melakukan mogok kerja.

Mengutip CNN, Senin (9/9/2019), mogok kerja ini dilakukan oleh British Airline Pilots Association (BALPA) karena adanya masalah pada negosiasi kenaikan upah dengan maskapai.

BALPA menyebut pada Minggu lalu, pihaknya telah mengajukan proposal kepada manajemen perusahaan, namun hingga kini belum ada respons dari pihak manajemen.

Menanggapi mogok kerja pilotnya, British Airways mengeluarkan pernyataan resmi jika mereka bersedia untuk bertemu dengan BALPA dan membicarakan kembali masalah yang belum diselesaikan.



British Airways juga sudah mengumumkan pembatalan penerbangan ke seluruh penumpang. Mereka juga menyarankan penumpang agar tidak pergi ke bandara. Menurut situs resmi BALPA, asosiasi ini mewakili lebih dari 10.000 pilot di Inggris 85% merupakan pilot untuk penerbangan komersial.

Sebelumnya, serikat pekerja meminta upah yang lebih tinggi. Namun British Airways menolak permohonan kenaikan 11,5% dan dinilai angka tersebut jauh lebih tinggi dari angka inflasi Inggris saat ini.

"Mogok kerja itu merusak rencana perjalanan puluhan ribu penumpang kami. Hal itu adalah tindakan yang gegabah," tulis keterangan resmi British Airways.



Simak Video "Pilot Mogok, British Airways Batalkan Hampir Semua Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com