Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Sep 2019 13:10 WIB

Usulkan BKPM 'Naik Kelas', Lembong: Jadi Kementerian Investasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - DPR RI mendorong agar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) naik kelas menjadi kementerian di bidang investasi. Kepala BKPM Thomas Lembong pun berharap itu benar-benar terlaksana.

Lembong berharap ada perubahan nomenklatur di kabinet, yaitu BKPM berubah menjadi Kementerian Investasi. Hal itu diungkapkan dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR.

"Memang harapan saat ini kita berharap ada pada perubahan nomenklatur dari sisi kabinet sehingga memang BKPM ini akan jadi Kementerian Investasi," kata dia di Ruang Rapat Komisi VI, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya, jika BKPM naik kelas jadi Kementerian Investasi bakal memberikan dampak positif. Salah satunya adalah mampu membuat kebijakan yang status hukumnya lebih kuat.

"Kalau umpamanya kemudian Menteri Investasinya membolehkan (menerbitkan) permen (peraturan menteri), itu jauh lebih kuat status hukumnya daripada peraturan badan," jelasnya.



Namun dengan menjadi Kementerian Investasi, dia mengatakan perjuangan BKPM selama ini tetap akan berlanjut.

"Yang bisa saya share bahwa saya kira saya kalau BKPM ditingkatkan jadi Kementerian Investasi tapi perjuangan belum selesai," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mendapat bocoran kalau BKPM memang akan jadi kementerian. Pihaknya pun mendukung itu.

"Secara prinsip kami memang memberikan semacam, secara politik agar BKPM dalam beberapa kesempatan kita harapkan BKPM naik kelas menjadi kementerian. Dan bocoran yang kita dengar demikian," tambahnya.



Simak Video "Terobosan Jokowi Agar Investor Tak Lama-lama Urus Perizinan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com