Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 11 Sep 2019 21:28 WIB

Kisah BJ Habibie Bawa N250 Mengudara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Peran Presiden ke-3 BJ Habibie di industri penerbangan tak perlu diragukan lagi. Berkat tangan dinginnya, Indonesia punya PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang memproduksi pesawat.

Ia adalah pelopor lahirnya industri penerbangan Indonesia.

"Tanpa beliau industri pesawat terbang tidak akan pernah terbentuk," kata Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro kepada detikcom, Rabu (11/9/2019).


Sementara, Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Pesawat Terbang PTDI, Andi Alisjahbana mengatakan, Habibie membawa Indonesia menjadi negara setara dengan bangsa maju.

"Dia ingin membawa bangsa ini untuk menguasai salah satu teknologi yang biasanya dikuasai bangsa-bangsa maju yaitu teknokogi kedirgantaraan," jelasnya.

Dia menjelaskan, berkat Habibie, Indonesia bisa mendesain hingga memproduksi pesawat. Dia juga bilang, Habibie melakukan perencanaan dengan baik. Lantaran, ia tidak hanya membuat perencanaan pada industri namun sumber daya manusianya.

"Misalnya, pertama-tama anak-anak muda disekolahkan, saya salah satu disekolahkan sampai ribuan itu. Lalu perusahaan dibangun, lalu partner kerjasama dibuat. Kemudian program dirancang dan sebagainya," ujarnya.

Salah satu hasil kerja keras Habibie itu ialah pesawat N250. Pesawat ini terbang perdana tahun 1995. Dia menambahkan, di Asia hanya sedikit negara yang bisa membuat pesawat sendiri.

"Sehingga tahun 1990-an, itu kan bangga N250 salah satu karya bangsa, ingat ya sampai detik ini pun yang bisa membuat dan merancang pesawat sendiri di Asia boleh dikatakan hanya Jepang, Korea, China dan Indonesia sampai detik ini," ujarnya.


Tambahnya, Habibie membuka mata masyarakat jika Indonesia bisa menjadi bangsa yang unggul tak kalah dengan bangsa lain.

"Kepahlawanan beliau itu bisa membuka mata bangsa kita, bahwa kita bangsa yang besar mampu sebenarnya asal direncanakan dengan baik, atau menjadi bangsa unggul dengan cara menguasai teknologi," tutupnya.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com