Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Sep 2019 15:36 WIB

Giliran Sri Mulyani Bicara Konspirasi Trump soal Perang Dagang

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti gerak-gerik Presiden Amerika Srikat (AS) Donald Trump. Bahkan, ia mengatakan, setiap cuitan Trump di Twitter bisa pengaruhi ekonomi dunia.

"Setiap tweet (cuitan) Presiden Trump pengaruhi tidak hanya sentimen tapi bahkan ekspektasi dan proyeksi ekonomi," kata Sri Mulyani di Djakarta Theatre, Kamis (12/9/2019).

Bahkan, cuitan Trump, kata Sri Mulyani bisa memicu resesi. Melihat yang sudah terjadi saat ini dampaknya yakni perang dagang AS dengan China, dan juga selisih suku bunga AS dengan negara-negara lain.

"Bicara resesi, perang dagang, dan juga interest rate oleh FFR (Fed Fund Rate) itu biasanya yang dilakukan di AS memiliki spill over sebab mereka sistematicaly important country," ujar dia.


Ia mengakui, sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia tentunya AS memiliki pengaruh besar terhadap dunia apabila perekonomiannya sendiri tergoncang. Hal ini juga mengacu pada perang-dagang AS dengan China yang terjadi saat ini.

"Negara dengan size ekonomi besar, apa yang terjadi di negara tersebut akan mempengaruhi sekitarnya atau bahkan dunia," tutur Sri Mulyani.

Tak hanya AS, Sri Mulyani juga menyebutkan China sebagai negara besar juga punya pengaruh ke perekonomian dunia.

"AS dan RRT (Republik Rakyat Tiongkok), dua negara dengan ukuran ekonomi terbesar, satu dan dua," pungkasnya.



Simak Video "Pertumbuhan Ekonomi Global Lesu, Apa Langkah Menkeu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com