Pengusaha ke Ketua KPK Terpilih: Jangan Bikin Dunia Usaha Khawatir

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 14 Sep 2019 10:18 WIB
2.

KPK Jangan Bikin Dunia Usaha Khawatir

Pengusaha ke Ketua KPK Terpilih: Jangan Bikin Dunia Usaha Khawatir
Foto: Faiq Hidayat/detikcom

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana menuturkan, proses-proses yang panjang dalam seluruh pemeriksaan yang dilakukan KPK terutama terhadap dunia usaha memicu kekhawatiran pelaku usaha.

"Harapan kita kepada KPK yaitu akan lebih membuat kepastian terhadap proses yang selama ini dikhawatirkan oleh dunia usaha, terhadap pemeriksaan-pemeriksaan di pengadilan pidana korupsi," kata Danang ketika dihubungi detikcom, Jumat (13/9/2019).

Selain proses pemeriksaan, pengawasan dari KPK terhadap iklim investasi dan dunia usaha juga perlu dilakukan semulus mungkin. Menurut Danang, banyaknya pengawasan terhadap iklim investasi dan dunia usaha menimbulkan kekhawatiran yang tinggi.

"Kita ini kan banyak sekali lembaga-lembaga penegak hukum, lembaga pengawas, yang pada intinya mengawasi dunia investasi, dunia usaha. Dengan begitu banyaknya pengawasan-pengawasan yang dilakukan terhadap iklim investasi kan menjadi kurang sehat. Kekhawatiran untuk berinvestasi sangat tinggi," papar Danang.

Ia menyebutkan, pelaku usaha dalam sektor pengadaan barang dan jasa untuk pemerintah tentunya punya tingkat kekhawatiran yang tinggi dengan adanya tak hanya dari KPK, juga dari Kepolisian, KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), Badan POM, dan sebagainya.

"Dunia investasi itu kan diawasai bukan hanya oleh Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK itu sendiri karena terkait dengan pengadaan barang dan jasa dengan pemerintah. Terus ada lagi pengawasan yang dilakukan oleh KPPU, Badan POM, banyak sekali lembaga-lembaga pengawas terhadap iklim investasi. Jadi tingkat kekhawatirannya cukup tinggi," bebernya.