Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Sep 2019 14:15 WIB

Darmin Minta Kemenhub Ciptakan Sistem Logistik Modern

Nurcholis Maarif - detikFinance
Foto: Nurcholis Maarif Foto: Nurcholis Maarif
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mendorong peningkatan transportasi barang yang efisien untuk menciptakan sistem logistik modern. Menurut Darmin, hal ini bisa diciptakan jika Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan kementerian lain dalam beberapa kebijakan strategis.

"Salah satu perubahan orientasi dan fokus di transportasi masa akan datang kira-kira begini. Suatu negara yang makin tinggi pendapatannya, akan semakin dominan arus transportasi baru. Transportasi orang iya, tapi barang tak kalah menarik," ucap Darmin saat menjadi keynote speaker di Konferensi Hari Perhubungan Nasional di JCC Senayan, Sabtu (14/9/2019).

Darmin mencontohkan Kemenhub bisa kerja sama dengan Kemendagri untuk membangun gudang di pinggir kota dan standarisasi suatu produk. Apalagi menurutnya hal ini sudah ditunjang infrastruktur yang sudah dibangun pemerintah.


"Kalau di luar negeri kereta api itu lebih panjang, karena bawa barang lebih banyak," ucapnya.

"Kita perlu standarisasi, sampai hari ini tidak punya kesepakatan, (misalnya) semangka grade A itu seperti apa, grade b seperti apa. Kelihatan sederhana, tapi menentukan. Kalau ada grading, kita bisa mendorong selangkah lebih maju," imbuhnya.

Menurut Darmin, sistem informasi dan pemanfaatan infrastruktur yang optimal juga bisa menjadi akses menuju sistem logistik modern. Hal ini bisa ditunjang dengan adanya SDM yang unggul.



"Infrastrukturnya dioptimalkan, perlu melahirkan standar dan keteraturan. Kita juga perlu sistem informasi, bagaimana mengenai alat pengangkutan, barangnya, harganya, dan jadwalnya dan perlu menggabungkan transportasi dan ekonomi digital," ucap Darmin

"Sehingga akan lahir logistik modern yang lebih murah. Sekarang masih mahal. Produk-produk kita tidak dibarengi logistik dan standar yang jelas," pungkas Darmin.

Simak Video "Innalillahi... Pejabat Kehutanan Wafat Saat Presentasi di Depan Menhub"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com