Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 15:15 WIB

Parah! 1.000 Mobil Mewah di Jakarta Nunggak Pajak

Arief Ikhsanudin - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Deretan Mobil Mewah Bos Pandawa Group (Mei Amelia R/detikcom) Ilustrasi/Foto: Deretan Mobil Mewah Bos Pandawa Group (Mei Amelia R/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengejar mobil mewah yang menunggak pajak. Diperkirakan, ada sekitar 1.000 mobil mewah yang menunggak pajak.

"Segi jumlah lumayan juga ya, ada 1.000-an kalau enggak salah, ada 1.000-an yang akan kita kejar, (harga mobil) di atas Rp 1 miliar," ucap Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Faisal Syafruddin, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/9/2019).

Faisal akan berkomunikasi dengan asosiasi dan komunitas mobil mewah. Termasuk dengan artis-artis yang banyak menggunakan mobil mewah.

"Ini kami nanti juga akan panggil asosiasi kendaraan mewah dan kita akan panggil juga asosiasi ikatan artis Indonesia, kita akan mem-PR-kan supaya mereka membayar kendaraan-kendaraan mewahnya supaya kita enggak lakukan door to door," ucap Anies.



Selain dengan komunitas, Pemprov pun bekerja sama dengan kepolisian. Hal ini untuk menindak dan menonaktifkan nomor kendaraan yang lebih dari dua tahun menunggak pajak, dan merazia kendaraan.

"Nanti kami bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya dalam rangka pelaksanaan law enforcement apabila mereka tidak memanfaatkan kebijakan keringanan pajak 2019 ini," ucap Faisal.

Pajak satu kendaraan mewah cukup tinggi. Nilainya bisa dari ratusan juta sampai miliaran rupiah.

"Tidak hanya Rp 20 juta. Lamborghini itu hampir Rp 150 juta, Rolls Royce itu ratusan juta, hampir Rp 1 miliar. Ferrari itu hampir Rp 200 juta. Jadi pajaknya luar biasa. Jadi kami akan mengamankan potensi itu," ucap Faisal.



Simak Video "Deretan Mobil Mewah untuk Tamu Negara Hadiri Pelantikan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(aik/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com