Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 16:19 WIB

RI Akan Kirim Tim ke Brasil Cek Kehalalan Daging Ayam

Yudha Maulana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance Ilustrasi/Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Bandung Barat - Pemerintah akan mengirimkan tim untuk mengecek kehalalan daging ayam asal Brasil. Pasalnya, meski kalah dalam sidang gugatan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), produk hewan tersebut belum mendarat di Indonesia.

"Kita akan kirim orang tahun depan (ke Brasil). Keran impor kita buka, karena memang kita kalah di WTO. Tapi kami ingin melihat dulu gimana pakannya dan cara memotongnya," ujar Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita setelah mengisi kuliah umum di Sespim Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (16/9/2019).

Enggartiasto mengatakan daging ayam dari Brasil masuk ke Indonesia tidak dilarang, namun dia ingin memastikan terlebih dahulu kehalalan dari komoditas tersebut sebelum masuk ke Tanah Air yang mayoritas beragama Islam.

"Memang enggak masuk-masuk, tapi tidak kita larang. Pakannya kita teliti dulu, halal atau enggak," ujar pria yang akrab disapa Enggar itu.


Sebelumnya, Indonesia kalah gugatan dari Brasil di sidang Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dalam kasus impor daging ayam. WTO memutuskan Indonesia untuk membuka kembali keran impor daging ayam dari Brasil.

Ia pun menegaskan jika daging impor yang masuk ke Indonesia harus sudah dipastikan halal, baik dari pakan, cara memotong dan hal lainnya.

Sebelumnya, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) no 29 tahun 2019 menerangkan soal pencabutan label halal

"Jadi gini, itu undang-undang dan kemudian persyaratan kita dari Kementan yang mewajibkan halal. Kalau mencantumkan itu (label halal) itu takutnya nanti tumpang-tindih" ujarnya.



Simak Video "Mendag Sampaikan Doa dari 16 Negara Untuk Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com