Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 10:26 WIB

Kendaraan Nunggak Pajak Dapat Diskon 50% Bikin Iri, Ini Kata Anies

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Antara Foto Foto: Antara Foto
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan keringanan untuk kendaraan bermotor dengan memotong tunggakan pajak kendaraan bermotor sebesar 50%. Kebijakan ini menuai kecemburuan bagi mereka yang sudah tertib membayar pajak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kebijakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan penerimaan daerah.

"Ini terkait dengan dorongan peningkatan pajak kita. Jadi lihat berapa yang masih tersisa, berapa yang ditargetkan, lalu caranya sehingga komprehensif," kata dia ditemui di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).


Namun, Anies belum mau berbicara panjang lebar mengenai kebijakan tersebut, termasuk efektivitasnya. Dia mengatakan akan memberi penjelasan dengan data yang lengkap tapi tidak sekarang.

"Ini nanti lengkapnya ketika kita ngobrol pakai data lengkap saja. Nanti baru ditunjukkan," sebutnya.

Dia menambahkan bahwa program tersebut adalah inisiatif dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta. Dia pun mengaku baru mengetahui program keringanan pajak itu.

"Malah baru tahu saya, baru tahu. Itu BPRD yang punya inisiatif," tambahnya.


Pada kesempatan sebelumnya, Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin menjelaskan, bagi kendaraan yang menunggak pajak tahun 2012 ke bawah mendapat potongan pajak PKB dan BBNKB ke dua dan seterusnya sebesar 50%.

"Terhadap tunggakan pokok pajak PKB dan BBN-KB 2, sampai dengan tahun 2012, diberikan keringanan sebesar 50%. Tahun 2013-2016, BBN-KB 2 diberikan keringanan sebesar 25%. dan sanksi administrasi dihapuskan (untuk semuanya)," kata Faisal di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/9/2019).

Simak Video "Novel Bela Anies, Singgung Jokowi Dilaporkan ke KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com