Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 19:00 WIB

Sri Mulyani Menyesal Tak Bertemu Robot Sophia

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku menyesal karena tidak bisa bertemu dengan Robot Sophia di acara seminar internasional bertajuk 'Harnessing Frontier Technologies: Redesigning National, Regional and Global Architecture'. Acara itu digagas oleh Centre for Strategics International Studies (CSIS).

Saat menjadi pembicara, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa para peserta yang hadir lebih ingin melihat Robiot Sophia yang pertama kali didatangkan pertama kali ke Indonesia.

"Saya pikir banyak dari Anda yang datang ke sini tidak ingin berpartisipasi dan mendengarkan, tetapi saya curiga bahwa banyak dari Anda yang datang ke sini ingin melihat Sophia, The Robot," kata Sri Mulyani di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

"Saya menyesai tidak melihatnya," sambung Sri Mulyani.



Robot hasil karya Hanson Robotics -perusahaan teknologi di Hong Kong- ini pun telah berhasil berinteraksi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Bahkan, Rudiantara mengajak robot tersebut berkencan.

Namun, pada sesi Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, Robot Sophia tidak ditampilkan sehingga tidak ada interaksi dengan Sri Mulyani.

"Saya yakin banyak dari Anda sudah mengambil kesempatan selfie bersamanya. Saya berharap bahwa saya masih memiliki kesempatan untuk berfoto selfie dengan Sophia," jelasnya.

Menurut Sri Mulyani, kehadiran robot berbentuk manusia berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) ini sudah didiskusikan oleh banyak negara. Mulai dari kewarganegaraannya hingga pengenaan pajak.

Robot Sophia sendiri kini sudah mendapat identitas kewarganegaraan dari Arab Saudi pada tahun 2017.

"Jadi ketika Anda semua berbicara tentang pajak untuk robot, saya pikir itu nyata karena Sophia memiliki kewarganegaraan. Saya bertanya-tanya ketika dia memasuki Indonesia apakah dia memiliki paspor dan petugas imigrasi sudah memproses paspor? Jadi selamat datang Sophia dan selamat datang di dunia baru," ungkapnya.



Simak Video "Sindir Sri Mulyani, Prabowo: Rumus yang Salah Dipakai Terus"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com