Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Sep 2019 07:00 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Merasakan Denyut Ekonomi di Ibu Kota Baru RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom
Penajam Paser Utara - Pagi itu aktivitas Pasar Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dimulai. Deru langkah kaki pembeli mendatangi lapak disambut pedagang. Tak hanya ibu-ibu, bapak-bapak juga mencari bahan pangan di pasar tersebut.

Pasar yang baru dibangun beberapa tahun terakhir ini masih tampak apik. Bangunannya terbilang megah untuk ukuran pasar di daerah. Pasar ini menyediakan berbagai bahan makanan lengkap mulai dari sayuran, daging sapi, daging ayam, ikan, bumbu dapur, hingga kebutuhan lainnya.


Pasar Penajam juga buka setiap hari, sedangkan di daerah PPU ada sejumlah pasar yang buka di hari-hari tertentu. Mengutip data pembangunan PPU, di Kecamatan Penajam ada tujuh pasar di mana enam di antaranya buka satu hingga dua kali dalam seminggu. Di PPU sendiri, ada 26 pasar yang tersebar di empat kecamatan.

Merasakan Denyut Ekonomi di Ibu Kota Baru RIFoto: Ardan Adhi Chandra/detikcom

Bangunan pasar terdiri atas dua bangunan, tampaknya dibedakan untuk pasar kering dan pasar basah. Untuk pasar basah, pedagang yang bisa berjualan di losnya adalah pedagang ikan, daging sapi, hingga daging ayam. Sedangkan di pasar kering berkumpul para penjual bumbu dapur, telur, dan kebutuhan pangan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com