Lipsus Perias Jenazah

Mau Jadi Perias Jenazah Butuh Modal Berapa?

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 22 Sep 2019 13:35 WIB
Halaman ke 2 dari 2
2.

Lebih sulit dari merias orang hidup

Mau Jadi Perias Jenazah Butuh Modal Berapa?
Foto: Merias Jenazah/Danang Sugianto-detikcom

Jauh lebih baik jika memiliki kendaraan operasional seperti sepeda motor. Sebab perias jenazah harus siap kapanpun dan di manapun jika ada panggilan bertugas. Sebab makeup jenazah akan bisa dilakukan dengan baik maksimal 2 jam setelah kematian.

"Saya pernah dapat panggilan jam 2 pagi ke Cilincing. Ya untungnya sekarang sudah gampang ada ojek online. Tapi ya susah juga kadang nyari ojol jam segitu," tuturnya.

Namun sebenarnya, modal yang paling penting bagi perias jenazah adalah pengetahuannya. Sebab merias jenazah jauh lebih sulit dibandingkan merias manusia hidup. Ada banyak trik yang harus diketahui untuk menjadi perias jenazah.

Misalnya mengetahui penyebab kematian si jenazah untuk menentukan penggunaan jenis makeup. Sebab warna dan kondisi kulit wajah jenazah akan berubah tergantung dari penyebab kematiannya.

Lalu ada juga teknik spesifik untuk mengatasi wajah jenazah yang rusak akibat kecelakaan. Belum lagi teknik untuk membuat agar jenazah terlihat tersenyum.

Elsa sendiri saat ini membuka kelas rias jenazah secara cuma-cuma. Muridnya bukan hanya mendapatkan ilmu merias jenazah tapi juga akan diberikan 1 set alat rias secara cuma-cuma.

Alat rias yang diberikan berasal dari paket kiriman dari banyak orang yang dermawan. Mereka mau menyumbangkan makeup untuknya, sejak dia menggaungkan kampanye marathon kebaikan. "don't trow your old makeup" begitu kampanye yang dia gagas.


(das/zlf)